Hari Kucing Nasional di Jepang

Ternyata binatang imut ini punya hari perayaan sendiri loh guys! Yap, National Cat Day. Jepang selalu memperingati Hari Kucing Nasional pada 22 Februari, hari tersebut dijadikan hari libur nasional. Di tahun ini, Jepang merayakan Cat Day yang ke 30.



Sebenarnya, banyak negara lain yang juga punya hari nasional untuk kucing. Tetapi negara yang punya antusiasme tinggi untuk merayakan hari kucing seperti masyarakat Jepang. Faktanya, di Jepang sendiri, pemilik kucing diperkirakan sudah mencapai 10 juta pada 2009. Ini adalah salah satu nilai per kapita tertinggi di dunia. Jumlah ini pun diperkirakan meningkat sejak saat itu.



Dilansir dari ABC News, di hari kucing, penduduk Jepang banyak yang meng-upload foto-foto kucing mereka di media sosialnya. Di hari tersebut, pemilik memperlakukan kucingnya dengan lebih spesial, termasuk mendandani kucingnya dengan busana yang lucu.

Tidak ketinggalan, hari kucing juga menjadi ajang bisnis. Di dunia komersil, banyak restoran yang menyiapkan hidangan spesial dengan menciptakan sushi berbentuk kucing dan juga kudapan dengan bertemakan kucing. Fesyen ala kucing seperti bando kucing, sampai makeup kucing juga jadi populer di hari itu.

Negara pecinta kucing ini bahkan juga punya kucing selebriti, yakni Maru dan Tama. Mereka juga punya boneka kucing populer, Hello Kitty. Negara ini juga menjadi salah satu pencetus kafe kucing pertama di dunia.

Untuk merasakan hari kucing yang lebih kental di Jepang, pulau Aoshima adalah lokasi yang tepat. Ini adalah pulau yang terkenal sebagai pulau kucing. Pulau ini memiliki jumlah pengunjung pulau yang terus meningkat.

Seperti yang dikutip Lonely Planet, tradisi ini dimulai sejak 1987 ketika Executive Cat Day Committee mengumpulkan sekitar 9000 pecinta kucing. Mereka menetapkan 22 Februari sebagai Cat Day.

Tanggal ini dipilih karena di dalam aksara Jepang, angka dua melambangkan kata ‘nyan.’ ‘Nyan’ adalah bahasa Jepang untuk ‘meow’. Sehingga tanggal 22 dilafalkan seperti meow meow dalam bahasa Jepang. Tak heran, hari kucing ini disebut juga sebagai Nyan Nyan Day.

Wah seru ya guys, bisa merayakan Hari Kucing Nasional.

Happy National Cat Day!



Title : Hari Kucing Nasional di Jepang
Description : Ternyata binatang imut ini punya hari perayaan sendiri loh guys! Yap, National Cat Day . Jepang selalu memperingati Hari Kucing Nasional pad...

0 Response to "Hari Kucing Nasional di Jepang"

Posting Komentar